Loading...

Beautiful Pictures of Campfires

Meteorit Terbesar Menghantam Lempengan Shiva basin India

Para peneliti menemukan kawah terbesar di dunia di lepas pantai India yang mungkin bertanggung jawab atas kepunahan dinosaurus pada 65 juta tahun yang lalu. Shiva basin yang misterius, memiliki diameter 310,7 mil di sepanjang dasar laut dan memiliki pusat puncak dari 3 mil, setinggi Gunung McKinley, gunung tertinggi di Amerika Utara. Sementara temuan meteor ditempat lain yang diduga juga membunuh dinosaurus di Semenanjung Yucatan di Meksiko, meninggalkan sebuah kawah dengan diameter 180 kilometer.

Sankar Chatterjee dari Texas Tech University, yang memimpin penelitian, mengatakan: "Jika kita benar, ini adalah kawah terbesar yang dikenal di planet kita. Batuan dari dasar kawah akan memberitahu kita pertanda dari dampak aktivitas dari target meleleh hancur dan batu-batuan. Dan kita ingin melihat apakah ada breccias, kuarsa, dan sebuah anomali iridium."

Asteroid kaya iridium, dan anomali seperti itu menjadi dasar uji forensik. Chatterjee percaya dampak dari sebuah asteroid atau komet sebesar ini akan membongkar kerak bumi menjadi berantakan, yang membunuh apa saja dan meninggalkan selimut ultra panas di tempatnya. Kekuatan dampak memecah Seychelles, pulau-pulau di lempeng tektonik India dan hanyut ke arah Afrika. Sebagian besar dari lapisan granit tebal 30 mil di pantai barat India hancur.

Sebagian besar terletak kawah yang tenggelam di bawah kontinen India, namun beberapa naik menjadi tebing-tebing tinggi di atas permukaan laut. Daerah ini merupakan sumber yang kaya cadangan minyak dan gas. Tim peneliti berencana untuk mengunjungi India lagi untuk mengebor ke pusat kawah sebagai petunjuk untuk membuktikan basin dibentuk oleh objek raksasa. Chaterjee akan menyajikan penelitiannya bulan ini pada Pertemuan Tahunan Geological Society of America (telegraph)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar